Laman

21 September 2012

Obat Tradisional Untuk Maag

Jadi teringat saat Eyang Putri tinggal sementara di rumah. Waktu itu saya dan suami lagi pergi untuk membeli susu anak-anak, kemudian di tengah perjalanan pembantu telpon untuk mengabarkan kalo Eyang Putri pingsan. Saya juga suami panik dan langsung balik kanan untuk kembali kerumah.
Setelah disadarkan dan kami tanya ke Eyang Putri ternyata sakit maag beliau kambuh lagi, langsung suami mengambil gelas dan air putih biasa ( bukan panas ataupun dingin ) kemudian mengambil tepung kanji/ tepung tapioka 2 sendok makan. Diaduk sampai rata kemudian diminumkan ke Eyang Putri. Alhamdulillah sakit di perut beliau  berkurang, dan obat tradisional tersebut di minumkan sehari 2x untuk jangka waktu 1 minggu, selanjutnya sehari 1x dengan jangka waktu 1 bulan.

Dimana sakit maag itu sendiri dikarenakan  pikiran tegang, kerja berat, tidak tenang, atau kurang tidur semua itu dapat menyebabkan kadar asam lambung yang tinggi. Sering terlambat makan, kebiasaan minum obat yang bersifat asam saat perut kosong, minum minuman beralkohol, dan mengisap rokok berlebihan. Biasanya disarankan untuk makan dalam jumlah sedikit tetapi sering. Obat maag dapat diberikan dengan obat farmasi juga dapat dilakukan dengan menggunakan tanaman obat, seperti :

Kunyit / Kunir

Ambil 1 jari kunyit , kemudian cuci dan parut. Parutannya kemudian diberi sedikit air dan diperas. Minum 2x sehari, pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur.

Lidah Buaya

Ambil gel segar dari setengah lembar daun lidah buaya. Gel ini diminum untuk sekali minum.
Minumlah 2x sehari, boleh di kasih madu. Untuk ibu hamil sebaiknya jangan.


Kencur

Ambil 1 jari kencur dicuci bersih, dikupas, dan dikunyah dengan garam seperlunya. Kemudian disusul dengan meminum air hangat. Lakukan ini 3x sehari.

Cincau

Ambil segenggam daun cincau, dicuci bersih lalu digiling sampai halus. Kemudian diremas dengan air minum dan saring. Agar lekas mengental, beri kapur sirih seperlunya. Setelah menggumpal, makan dengan air gula atau sirup. Lakukan ini 3x sehari.
Meniran

Cuci dan rebus segenggam daun meniran dengan 3 gelas air dan biarkan sampai tinggal 1/2 nya. Setelah dingin disaring, lalu diminum dengan madu seperlunya. Lakukan cara ini 3x sehari.


**diambil dari berbagai sumber**

26 komentar:

  1. terimakasih telah berbagi tipsnya mbak.
    saya lebih memilih tradisional & alami, daripada obat-obatan.
    perlu disimpan tulisan ini. terimakasih banyak.. :)

    BalasHapus
  2. iya mba....
    mari saling berbagi...:)

    BalasHapus
  3. wah kebetulan sekali, istri saya magnya sering kambuh... untuk yang "tepung kanji" itu gukup itu saja, maksudnya gak di kasih campuran bahan yang lain..
    sebelumnya terima kasih resepnya mbak Ir..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya...tepung kanji diaduk dg air aja...
      semoga cpet sembuh, salam kagem istri...:)

      Hapus
  4. dulu sy sering bgt kena maag.. sekarang si udah enggak.. tp tips ini boleh juga sy simpen siapa tau suatu saat sy butuh.. thx ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya chi.... jangan makan yg pedes2 ya,..
      takut maag-nya kambuh, hehehe

      Hapus
  5. paling banyak dengar sih kunyit ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba...lebih enak dengan tepung kanji
      krn gak ada rasanya kok...

      Hapus
  6. herbal lebih sehat meski kadang gak tokcer khasiatnya
    maksudnya perlahan-lahan khasiatnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas...biar pelan tp pasti
      hehehee

      Hapus
  7. Apakah khasiat dari obat tradisional ini terjamin?

    salam kenal admin blog

    komentarkan artikel blog ini ya...

    http://www.timkomte.com/2012/09/traffic-pengunjung-rumahku-turun.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan coba mas....
      kan herbal...hehehe

      Hapus
  8. saya malah baru tau tepung tapioka bisa meredakan maag pdahal biasanya cuma buat bikin kue toh . mkash bunda infonya .
    salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas...
      semoga bermanfaat ya..:)

      Hapus
  9. terima kasih tipsnya. Saya baru tahu tapioka bisa untuk obat maag ...

    BalasHapus
  10. Makasih Mba tipsnya. Kebetulan saya punya penyakit maag. Dulu sampe akut dan kerasa keplintir-plintir.
    Sekarang gak begitu mengganggu karena pernah terapi jus sayuran sama nasabah saya, jadi kangkung, kacang panjang, sawi, brokoli dan sebutir apel dijus dan disaring ampasnya. Airnya diminum. Alhamdulillaah enak rasanya. :D

    BalasHapus
  11. Obat yang paling enak kayaknya cincau ya mbak...apalagi kalo di campur sirup dan es batu ya ...

    BalasHapus
  12. Baru tau nih kalo kanji juga bisa bermanfaat pada sakit maag. Makasih infonya ya, Mbak :)

    BalasHapus
  13. aku puny abanyak lidah buaya di rumah mbak :)

    BalasHapus
  14. wah..trimakasih infonya mb :)

    kunjungan pertama..salam kenal ya :)

    BalasHapus
  15. wah..artikel ini sungguh manfaat..salam kenal mbak,

    sy kemari setelah liat link nya dari pakdhe cholik.
    dulu sy juga pernah maag..bapak sy sering buatkan air parutan kunyit, alhamdulillah sembuh

    BalasHapus
  16. Waaahhhh info yang sangat bermanfaat...

    BalasHapus
  17. Makin banyak orang yang makannya nggak teratur sehingga terkena sakit maag.
    Semoga dengan resep ini memberi solusi bagi yg sedang sakit

    BalasHapus
  18. Dulu saudara saya juga pernah kena penyakit maag. Oleh neneknya, stiap pagi dia dibuatkan "menu aneh bin ajaib" untuk diminumnya. Yaitu, org Jawa bilang "air tajin", air putih kental yg ada tanakan nasi. Air tajin dikasih gula jawa. atas kehendak Allah, alhamdulillah skrg sembuh. :-)

    BalasHapus
  19. TERNYATa banyak dan mudah mengatasi keluhan maag, selama ini saya pake obat jk ada keluahan maag. Kalau cincau [kalau gak salah] jg bisa utk terapi sakit jantung ya MBak, dulu adik saya makan cincau tiap hari dan tentu saja tetap ke medis.

    BalasHapus