Laman

3 Oktober 2012

Combro Isi Tempe

Menyenangkan sekali jika buat jajanan ataupun camilan, banyak yang makan alias langsung habis, hehehe.... Tapi kalo cuma ber-3 dirumah kadang males bikin-bikin jajanan. Kebetulan ditempat ibu pada ngumpul semua, kita (saya sama adek ) mau bikin jajanan atau camilan "combro" isi tempe.
Yang saya tahu, kalo combro yang asli itu isinya oncom. Menurut buku yang lain, Combro artinya oncom di jero. Karena yang bikinnya di solo dan gak ketemu dengan oncom, maka di isi tempe seperti resep yang ibu ajarkan kepada kami.


Bahan- bahannya :

1 kg singkong, kupas & diparut
1/2 kelapa yang muda, diparut
5 bungkus tempe sehat
5 bungkus tempe busuk
2 bawang putih
2 siung kencur
daun kemangi
lombok merah besar + rawit
gula jawa
garam
minyak sayur

Cara membuatnya :
  1. Campurkan singkong yang telah diparut bersama kelapa parut dan  garam secukupnya, kemudian sisihkan.
  2. Goreng tempe sehat dan tempe busuk.
  3. Haluskan tempe tadi dengan bawang putih, kencur, lombok merah & rawit , kemudian tambahkan gula jawa, garam.
  4. Jangan lupa tambahkan daun kemangi dan aduk kemudian cicipi.
  5. Bentuk singkong yang telah dicampur dengan kelapa untuk diisi dengan tempe yang telah dihaluskan , bentuk lonjong
  6. Kemudian goreng combro, angkat jika sudah menguning.
  7. Sajikan hangat

Monggo, silahkan coba...:)


34 komentar:

  1. Waktu hamil Ipung ngidam combro lho padahal kami dinas di Balikpapan. Akhirnya minta mertua agar mengirim bahan combro.

    Selamat pagi sahabat.
    Terima kasih atas artikelnya yang menarik dan inspiratif

    Jangan lupa mengikuti kontes Unggulan Indonesia Bersatu lho ya. Klik saja : http://tamanblogger.com/blogging/konteskuis/kontes-unggulan-indonesia-bersatu-cara-mencegah-dan-menanggulangi-tawuran

    Terima kasih.

    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. injih padhe...
      salam kagem budhe ipung...:)

      Hapus
  2. Saya pernah dengar nama combro, mbak. Tapi belum pernah makan. Terimakasih resepnya mbak, mungkin lain kali bisa buat sendiri. :)
    Salam...

    BalasHapus
    Balasan
    1. gampang kok mba,...
      monggo , dicoba aja...:)

      Hapus
  3. Mantep nih resepnya Mba. Bisa dicoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mira...
      silahkan coba..:)

      Hapus
  4. combro...? saya doyan banget mbak...tapi belum pernah nyoba bikin sendiri, soalnya males marut singkongnya....hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. singkongnya ga usah diparut sendiri aja...
      beli sekalian minta diparutin juga kelapanya to...
      wis, gek digawe mba..

      Hapus
  5. enak banget nih combro apalagi kalau pedes mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba...
      kan ada cabenya to.... ta uleq sisan je

      Hapus
  6. sy biasanya pk oncom, tp rasanya kayaknya mirip2 ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya chi...
      biar agak sama makanya dicampuri tempe busuk
      hehehehe

      Hapus
  7. sudah lama tidak makan combro ... biasanya kalau beli combro pasangannya timus ... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas...
      combronya pedes, timusnya manis ya...
      muanteb tenan, hehehe

      Hapus
  8. Saya suka banget makan combro, Mbak. Kalau di daerah saya gak ada yang jualan oncom, jadinya kalau mau combro, ya beli di Rumah Makan Tahu Sumedang. Itu juga kalo pas ada saudara yang kebetulan lewat depan RM itu, yang jaraknya jauh dari kota saya :)
    Jadinya saya bikin aja combro isi tempe, tapi gak pake tempe busuk. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya bikin sendiri aja kak...
      sekalian dibawa di kantor,pasti habis dech
      hehehehe..
      saya kasih tempe busuk, biar rasanya mirip oncom

      Hapus
  9. saya sangat suka combro mba yang anget n aga2 pedes gitu trus sm air teh manis hangat mmm jadi lapar hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm....kata pak bondan
      "maknyuusss" ya pap..

      Hapus
  10. saya pernah makan combro isi oncom, kurang cocok sih dilidah, masih milih lumpia :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe...
      rasanya anek ya mba...
      tp coba resep yang ini aja, semoga suka

      Hapus
  11. Kayaknya asik juga nih, combro rasa tempe. Rekues ah.. :)

    BalasHapus
  12. hah? ada combro isi tempe? aku yang orang Solo belum pernah nyobain.. :(

    BalasHapus
  13. Wah...kayaknya enak tuh!!!aku suka banget ama tempe...!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak pak...
      anget- anget plus teh anget
      hehehe

      Hapus
  14. aku kemarin sudah ngerasain Combro isi Tempe dari katering kantor. Btw rasanya emang agak asam gitu ya? atau memang kateringnya yang gak pinter masak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok asam to...
      rasanya enak kok...
      wah, berarti kurang canggih yang masak ya mas
      hehehe

      Hapus
  15. hmm.. kaya'nya enak ni.. bisa dicoba dirumah.. thanks ya dah berbagi..

    BalasHapus
  16. mbak Irma apa kabar? lama gak update ya baik diblog ini maupun blog satunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah, baik mam....
      iya, maaf lagi repot urusan rumah, hehehe
      mama calvin sehat2 aja to...

      Hapus